Senin, 16 April 2018

Cara memasak mie dengan rice cooker


Cara memasak mie dengan rice cooker merupakan salah satu cara memasak yang paling dikuasai oleh para anak kos karena mie merupakan jenis makanan yang praktis, enak, murah dan tentunya mengenyangkan. Cara memasaknya pun sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja yang tahu cara merebus telur dengan rice cooker atau cara memasak air dengan rice cooker mengingat proses memasak mie sama saja dengan merebus air atau telur. Selain itu apapun jenis rice cooker yang Anda miliki di rumah bisa digunakan untuk memasak mie karena mie merupakan jenis makanan yang boleh dimasak menggunakan rice cooker ataupun semua jenis magic com selain beras tentunya.
Cara Memasak Mie dengan Rice Cooker
Namun demikian jika ini merupakan kali pertama Anda untuk memasak mie dengan rice cooker dan tidak menemukan caranya dalam buku petunjuk penggunaan rice cooker, maka tidak perlu khawatir berikut adalah cara memasak mie dengan rice cooker dimana tidak kalah praktis dengan cara memasak nasi dengan rice cooker.
Bahan-bahan:
1 bungkus mie instan
1 butir telur
Irisan daun bawang
Irisan tomat
Irisan sawi
Cara membuatnya:
  • Pertama kali adalah masukkan air secukupnya dalam panci rice cooker sesuai dengan takaran air ketika ingin membuat mie rebus. Jangan terlalu banyak karena jika terlalu banyak rasa mie justru menjadi hambar dan tidak enak.
  • Setelah itu tekan tombol ‘cook’ dan tutup lalu biarkan air panas dan agak mendidih sebentar karena kalau mie dimasukkan ketika air belum mendidih, mie bisa berubah menjadi terlalu lembek.
  • Buka kembali tutup rice cooker dan masukkan mie instan berserta bumbunya lalu masukkan telur tutup lagi sebentar dan tunggu sampai telur masak sementara tekstur mie masih belum terlalu lembut.
  • Terakhir masukkan sayuran, sawi, tomat dan daun bawang, tutup kembali rice cooker dan tunggu sebentar sampai sayuran cukup layu.
  • Mie rebus instan rice cooker siap untuk disantap.
Saat ini semakin banyaknya kebutuhan maka kebanyakan orang memilih cara-cara yang praktis. Mungkin saat ini orang lebih tahu cara menanak nasi dengan rice cooker dari pada cara memasak nasi dengan dandang dan begitu juga dengan memasak mie instan yang merupakan salah satu jenis makanan yang paling banyak dikonsumsi oleh anak kos. Kebanyakan kos-kosan tidak menyediakan dapur apalagi kompor jadi rice cooker adalah satu-satunya solusi jika ingin makan mie instan buatan sendiri. Selain mie instan, ada juga cara memasak sarden di rice cooker mengingat sarden juga merupakan salah satu jenis makanan kemasan yang cukup populer di Indonesia karena selain mudah dimasak, rasanya juga enak karena sudah dilengkapi dengan saus cabai yang pedas sesuai dengan selera kebanyakan masyarakat Indonesia.
Namun ada hal yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan rice cooker untuk keperluan selain memasak nasi yaitu Anda harus benar-benar bersih ketika mencucinya. Sisa-sisa minyak atau lemak yang menempel pada teflon rice cooker bisa menyebabkan panci rice cooker terkelupas dan bahaya rice cooker terkelupas bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, jadi Anda harus tahu juga cara merawat panci rice cooker serta cara merawat rice cooker agar awet dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari mengingat rice cooker merupakan salah satu perlatan elektronik yang walaupun harganya relatif terjangkau dan murah tapi memiliki peranan yang cukup penting dalam kehidupan Anda sehari-hari.

5 komentar: